Sablon Kaos

wisudawan blood blue-bni

marun-bni sosial3 sosialclass

Kaos atau raglan dengan berbagai jenis sablon adalah media yang paling efektif dan efisien, karena proses pengerjaannya yang lebih sederhana daripada jenis jenis model pakaian lain. Untuk bahan   kualitas terbaik adalah cotton combed, karena lebih halus, lebih lentur   dan nyaman dipakai dan menyerap keringat, karena full cotton. Dan kami   rekomendasikan kepada anda untuk memakai bahan cotton combed, tetapi   Jika anda ingin menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda, bisa   menggunakan bahan dengan kualitas di bawah cotton combed seperti   tersebut diatas seperti cotton cardet, TC, Polyester, hyget dengan harga yang   lebih kompetitif.

 

sablon-kaos-olimpiade-front sablon-kaos-olimpiade-back sablon-kaos-olimpiade-side

kaos-wisudamerah-front kaos-wisudamerah-back kaos-wisudamerah-side

kaos-bir-bintang-samping kaos-bir-bintang-depan kaos-bir-bintang-belakang

 

 

Jenis-jenis bahan kaos dibagi dengan berbagai spesifikasi dan tekstur yang berbeda, berikut kami jabarkan beberapa jenis bahan yang di biasa di gunakan :

 

1. Cotton

Bahan jenis cotton (katun) adalah bahan terbaik untuk bahan kaos. Bahan jenis ini terbuat dari 100% cotton, biasa di bilang full cotton atau pure cotton. Bahan jenis ini terdiri dari 100% cotton tanpa ada campuran dari media-media lain. Jenis bahan ini di bagi menjadi 2 macam, yaitu : cotton combed dan cotton carded. Untuk tingkat ketebalan bahan dapat di bedakan dengan gramasi dan benang yang di pakai yaitu : 20′S, 24′S, 30′S dan 40′S. cotton combed adalah jenis bahan yang paling baik dikelas jenis bahan cotton, karena permukaannya lebih halus dan lebih lembut. bahan jenis ini bisa digunakan untuk distro (high quality), event, komunitas, promosi, family gathering dan kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk jenis cotton carded permukaannya agak kasar dan lebih kaku jika di bandingkan dengan cotton combed. Jika anda ingin menyesuaikan budget dan kebutuhan anda, anda bisa menggunakan jenis bahan ini, karena bahan jenis cotton carded lebih murah dari cotton combed.

 

2. TC ( Teteron Cotton )

Bahan jenis ini bisa di kategorikan bahan jenis katun, tetapi kualitasnya di bawah kelas bahan full cotton. Bahan jenis ini tidak 100% cotton tetapi ada campuran beberapa media lainnya. Bahan jenis ini bisa di gunakan sebagai promosi, event, dan kebutuhan lainnya dengan budget yang rendah, karena jenis bahan ini tingkat harganya lebih murah dari bahan  full cotton. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk menyesuaikan budget dan kebutuhan anda hingga lebih efektif dan efisien.

 

3. PE ( Polyester )

Bahan jenis ini adalah bahan yang terdiri dari serat plastik polyester tidak ada campuran katun sama sekali. Bahan jenis ini tidak terlalu tipis. Bahan jenis ini biasa di gunakan untuk kampanye partai politik, event,  souvenir dan kebutuhan lainnya.

 

4. Hyget

Bahan jenis ini adalah jenis bahan yang berkualitas paling rendah diantara jenis-jenis bahan lainnya. Bahan jenis hyget ini dapat di bagi menjadi 3 klasifikasi yaitu : hyget tipis, hyget sedang dan hyget tebal. Hyget tipis adalah bahan yang paling sering di pakai untuk kampanye, event besar, promosi dengan budget rendah dan kebutuhan lainnya. sedangkan jika anda menginkan jenis bahan bahan ini yang agak sedikit berkualitas anda bisa memilih bahan hyget sedang atau pun tebal.

 

raglan-bni-front raglan-bni-back raglan-bni-big

raglan-wolf88-1 raglan-skater-1 raglan-skater-2

sablon-kaos-bni1 raglan-bni-press1 raglan-bni-press2

 

Jenis Rajutan

 

1. Single Knitt
Teknis rajutan benang dengan jarum single, penggunaannya hanya satu permukaan dan tidak bisa bolak-balik. Jenis rajutan bahan jenis single knitt biasanya lebih padat dan tidak lentur. Jenis bahan ini adalah jenis bahan yang sebagian besar di pakai untuk bahan kaos di pasaran. Jenis bahan seperti ini menggunakan kode “S” untuk setiap tingkatan jenis benang (contoh : cotton combed 20′s).

 

2. Double Knitt

Teknis rajutan benang dengan jarum double hingga menghasilkan bahan dengan permukaan atas dan bawah sama rata dan halusnya, sehingga dalam penggunaannya bisa bolak-balik. Jenis rajutan seperti ini biasanya tidak rapat, lembut dan lebih lentur.

 

sun sunji shinji-front

joker-front ironman hulk

 

Jenis-jenis benang yang dipakai untuk pembuatan bahan

1. 20′S

Ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 180 – 220 gram /m2 untuk jenis rajutan single knitt.

 

2. 24′S

Ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 – 210 gram/m2 untuk jenis rajutan single knitt.

 

3. 30′S

Ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 – 160 gram / m2 untuk jenis rajutan sigle knitt, sedangkan untuk jenis rajutan double knitt ketebalan atau gramasi bahannya 219 – 230 gram / m2.

 

4. 40′S

Ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 – 120 gram / m2 untuk jenis rajutan sigle knitt, sedangkan untuk jenis rajutan double knitt ketebalan atau gramasi bahannya antara 180 – 200 gram / m2.

 

kaos-distro kaos-distro-big2 kaos-distro-big1

kaos-monster kaos-legend-depan kaos-keep-handsome

 

Jenis tehnik dan media cetak

 

1. Rubber

Rubber merupakan jenis tinta water base. Hasil dari jenis cetak print rubber bisa terbagi menjadi spesifikasi rubber yang kilap dan doff. dicetak 2 – 4 kali naik cetak untuk hasil maksimal dan ekonomis untuk 1 warna sablon. Kain yang dapat di sablon adalah TC, CVC, Polyester dan seluruh bahan cotton. di campur dengan 2-3 % fixer dan di press pada suhu 120-150 derajat celcius.

 

2. Super White (SW)

Untuk jenis tinta Super White, hasil cerah jika di aplikasikan pada kaos berwarna terang,dan hasil vittage di kaos warna gelap. Jenis tinta ini agak tipis dan bertekstur halus. Kain yang dapat disablon adalah TC, PE, CVC dan seluruh jenis cotton dan di press pada suhu 120-170 derajat celcius.

 

3. Extender

Extender merupakan jenis tinta waterbase yang menyerap kedalam kain. Jenis tinta seperti ini hanya bisa untuk bahan berwarna terang. Dapat di cetak di kain semua jenis bahan cotton yang berwarna terang, TC, CVC. Di press pada suhu 120-160 derajat celcius.

 

4. Foaming ( sablon timbul )

Foaming dapat diaplikasikan di semua jenis bahan cotton, TC, CVC. Di campur dengan tinta rubber dengan presentase yang menyesuaikan dengan kebutuhan, Di press dengan suhu 160 derajat celcius selama 15 detik dengan tekanan pengepressan yang agak ringan.

 

5. Posfor ( glow in the dark )

Warna dasar untuk mendapatkan hasil terbaik adalah warna dasar putih. Bubuk fosfor yang di pakai adalah jenis zinc sulfide yang kesan nyalanya sekitar 15 menit di tempat yang pencahayaannya rendah. Untuk tipe fosfor strontium aluminate hasilnya lebih baik dari tipe zinc sulfide, 10 x lebih terang dan 10 x lebih lama untuk durasi nyalanya di tempat yang pencahayaanya rendah.

 

6. Foil
Jenis cetak ini menegaskan warna emas ( gold ) dan perak ( silver ). Menggunakan lem foil yang di aplikasikan pada media yang akan di cetak dan di press dengan suhu 130 derajat celcius selama 15 – 20 detik. Sablon jenis ini adalah jenis sablon dengan perawatan extra dari si pemakai, karena jenis sablon ini untuk metode pencucian kaosnya di haruskan ekstra hati-hati. meskipun terlihat indah dan tegas untuk gold atau silvernya, tetapi jenis sablon sangat sensitif hingga perawatan dari si user berpengaruh besar terhadap ketahanan jenis cetak seperti ini.

 

7. Discharge

Jenis bahan yang bisa di aplikasikan untuk jenis cetak ini adalah jenis kain khusus cabut warna ( reaktif ) dengan obat tambahan bubuk discharge 3 -m 8 % dan di press dengan suhu 120 – 170.

 

kaosemail

 

 

Recent Search:

Comments are closed.